Thursday, July 21, 2011

Khasiat herbal

Buah pepaya dapat mencegah kanker

             Beberapa buah yang memiliki banyak manfaat biasa disebut superfruit. Salah satunya adalah buah pepaya yang bermanfaat mencegah kanker. pepaya mengandung nutrisi lycophene. Nutrisi tersebut sangat efektif dalam mencegah dan memberantas penyebaran sel-sel kanker.
                Studi terbaru menemukan lycophene merangsang pertahanan pada tingkat sel di dalam tubuh untuk melawan kanker. hal ini bisa mencegah kerusakan DNA dan lipid sehingga menghambat penyebaran kanker. Para peneliti dari University of Florida menemukan pepaya bisa menjadi anti kanker yang efektif melawan kanker leher rahim, kanker payudara, kanker hati, kanker paru-paru, dan kanker pankreas.
                Peneliti menguji menggunakan teh yang terbuat dari ekstrak daun pepaya kering. Pepaya bisa meningkatkan produksi bahan kimia yang mengatur sistem kekebalan tubuh. Ekstrak pepaya yang diuji di dalam laboratorium ini tidak memiliki efek toksik pada sel normal, sehingga kemungkinan bisa dijadikan pengobatan alternatif. Namun tetap diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efeknya jika masuk ke dalam tubuh manusia.
                Pepaya juga memiliki kandungan lain yaitu sebagai sumber vitamin C, kalium, dan asam folat. Buah dan sayuran lain yang mengandung lycophene cukup baik adalah tomat, semangka, dan jeruk yang berwarna merah muda. Umumnya buah yang mengandung lycophene adalah buah yang memiliki warna yang beragam.

Pisang sembuhkan nyeri otot leher

Seringkali nyeri otot leher menyerang di waktu yang kurang tepat. Sakit atau nyeri pada leher seringkali disebabkan karena ketegangan otot akibat cedera, menghabiskan waktu lama di depan komputer, ataupun menyetir. Selain itu tekanan pada saraf yang terletak di leher juga bisa menimbulkan rasa sakit.
                Rendahnya kadar mineral tertentu di dalam tubuh terutama kalium atau kalsium bisa memicu terjadinya kejang otot. Efek ini akan menjadi lebih buruk jika seseorang mengalami dehidrasi di waktu yang bersamaan.
                Pisang mengandung mineral kalium yang tinggi yang bisa mengembalikan keseimbangan elektrolit dan mengurangi kontraksi otot yang menyakitkan. Selain itu pisang juga mengandung kadar lemak dan kolesterol yang rendah serta tinggi vitamin dan mineral. Mengkonsumsi buah pisang, istirahat yang cukup, dan konsumsi cairan yang tepat bisa menjadi obat yang sederhana dan efektif untuk mengatasi nyeri pada leher. Selain itu ada beberapa makanan yang mengandung kalium dengan kadar tinggi yaitu jus jeruk, tomat, kismis atau kentang yang dipanggang bersama kulitnya.
                Sebuah pisang berukuran sedang memiliki kandungan kalium sebanyak 422 miligram. Sedangkan tingkat asupan harian untuk orang dewasa adalah 4700 miligram kalium. Sedangkan bagi atlet asupannya lebih tinggi karena untuk menghindari nyeri otot.
                Tetapi jika rasa sakit atau nyeri di leher tidak juga berkurang atau justru menjadi lebih buruk, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter. Karena bisa jadi nyeri yang muncul bukan karena otot yang tegang, melainkan sebagai gejala dari masalah kesehatan yang lebih serius. Terutama jika rasa nyeri semakin menyebar ke lengan atau bahu.

Teh bisa menimbulkan batu ginjal

Teh adalah minuman yang sudah banyak dikonsumsi oleh sebagian besar orang karena dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun ternyata teh dapat menyebabkan batu ginjal. Teh mengandung zat oksalat yang dapat menyebabkan batu ginjal. Biasanya ginjal dapat menghilangkan oksalat dari darah dan mengeluarkan dari tubuh melalui urine. Tapi bagi orang yang rentan terhadap batu ginjal, sebaiknya mengurangi konsumsi teh. Oksalat yang masuk ke dalam tubuh akan bergabung dengan kalsium dan akan membentuk kalsium oksalat batu ginjal.
                Secangkir teh hitam (pekatrata-rata mengandung lebih dari 10 miligram oksalat per 100 gram teh. Karena kandungan oksalat yang tinggi, teh hitam dianggap minuman dengan kandungan oksalat paling tinggi.
                Jenis teh lain seperti teh blackcurant, teh rosehip dan teh mate, mengandung 2 hingga 10 miligram oksalat dan dianggap minuman dengan oksalat sedang. Teh hijau dan teh herbal seperti kayu manis, peppermint dan chamomile mengandung kurang dari 2 miligram oksalat per 100 gram teh. Dengan mengkonsumsi teh yang memiliki kadar oksalat yang rendah, tidak akan mengarah pada timbulnya batu ginjal.
                Orang yang rentan terhadap batu ginjal juga harus membatasi oksalat yang berasal dari makanan. Batas asupan yang disarankan adalah 40 hingga 50 miligram setiap hari. Makanan yang mengandung oksalat dengan kadar tinggi adalah kacang-kacangan, selai kacang, susu kedelai, roti gandum, blueberry, blackbery, raspberry, wortel, seledri, kangkung, daun bawang, okra, bayam, ubi jalar, terong, dan ara.
                Sedangkan asupan makanan dengan oksalat sedang tidak boleh melebihi 3 porsi per hari. Contoh makanan oksalat sedang adalah yogurt, biji rami, biji bunga matahari, stroberi, buah pir, peach, jeruk, hati, sarden, bagel, beras merah, oatmeal, asparagus, brokoli, jagung, adas, dan tomat.

Menjaga kesehatan gigi

  Memiliki gigi yang sehat tidak hanya bermanfaat untuk mulut. Ada lima jenis penyakit yang akan masuk ke dalam tubuh jika tidak menjaga kesehatan gigi. Hal ini karena gigi yang tidak sehat akan memudahkan kuman masuk ke dalam tubuh. Kesehatan gigi mungkin belum menjadi prioritas semua orang. Semua yang masuk ke dalam usus pasti akan melewati gigi terlebih dahulu.
                Kesehatan gigi berpengaruh pada kesehatan jantung. Bakteri yang menyebabkan infeksi gusi bisa menyebabkan atau memperburuk aterosklerosis (pengerasan arteri) yang bisa memicu penyakit jantung. Hal ini karena beberapa bakteri penyebab penyakit tertentu bisa memasuki aliran darah melalui gusi dan menempel di pembuluh darah sehingga menjadi plak dan penyumbatan. Bagi orang yang memiliki penyakit diabetes maka penting untuk menjaga kesehatan gigi. Jika kadar gula darah tinggi bisa mengembangkan penyakit periodontal yang akan berdampak pada meningkatnya kadar gula darah.
                Gigi yang sehat juga bisa menghindarkan kita dari masalah pencernaan. Proses pencernaan dimulai dengan proses fisik dan kimia di dalam mulut. Diawali dengan proses menggigit makanan menjadi potongan kecil agar mudah dicerna oleh usus. Jika ada masalah dalam proses ini maka bisa menyebabkan gangguan di usus, sindrom iritasi usus dan gangguan pencernaan lainnya.
                Kemampuan daya ingat seseorang juga dipengaruhi kondisi kesehatan gigi. Fakta membuktikan bahwa orang dewasa yang memiliki radang gusi (bengkak atau gusi berdarah) cenderung melakukan tes memori dan kemampuan kognitif yang lebih buruk. Orang yang mempunyai bakteri potagen tinggi akan 3 kali lebih sulit melakukan tes memori verbal. Kesehatan gigi yang buruk juga akan menyebabkan infeksi di bagian tubuh lainnya

Tips untuk menjaga tekanan darah tetap normal

   Penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi) sebaiknya tidak dianggap remeh karena bisa menimbulkan komplikasi terutama untuk jantung. Tekanan darah yang tidak normal bisa membuat seseorang berisiko mengalami serangan jantung, stroke, dan bahkan bisa mengalami disfungsi ereksi. Hal ini kadang tidak diketahui oleh orang tersebut, kecuali jika tekanan darahnya sangat tinggi. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga tekanan darah agar tetap normal
1. Coklat hitam
Orang yang mengkonsumsi coklat hitam setiap hari selama 15 hari bisa membantu menurunkan tekanan darah sistolik (angka atas ) sebesar 4,5 poin dan tekanan darah diastolik sebesar 4,2 poin. Pilihlah coklat yang tepat dan mengandung antioksidan, pilihlah coklat yang mengandung 65 % kakao
2. Seks
Pria yang melakukan hubungan seks 2 kali seminggu memiliki risiko 65 % lebih rendah terkena serangan jantung dibandingkan yang hanya melakukan seks 1 kali dalam 1 bulan. Tekanan darah yang lebih rendah dan pembuluh darah akan merespons lebih baik dalam keadaan stres
3. Musik
Musik adalah alat musik yang sempurna untuk melebarkan arteri. Mendengarkan musik yang berirama homogen atau beat nya stabil selama 30 menit dalam sehari dan dikombinasikan dengan latihan pernapasan dapat menurunkan tekanan darah sistolik. Musik yang tepat dapat menghilangkan cemas dan menghindari penyempitan pembuluh darah
4. Tertawa
Tertawa akan membuat pembuluh darah membesar sebesar 22 % dan tindakan fisik dari tertawa akan membuat pembuluh darah akan meluas yang dapat meningkatkan aliran darah serta mengurangi tekanan darah. Sebaiknya seseorang tertawa selama 15 menit sehari. Hal ini bisa dilakukan dengan cara membaca buku cerita komedi atau menonton film komedi
5. Ukur tekanan
Mengukur tekanan darah secara teratur di rumah akan lebih baik dalam memprediksi risiko kardiovaskuler dibandingkan jika dilakukan di rumah sakit. Pilih alat pengukur tekanan darah digital yang akurat, sehingga dapat mengetahui tekanan darahnya setiap kali dibutuhkan.

No comments:

Post a Comment